Kesehatan dan Kedokteran

Kapsul Insulin telah Tercipta

Terapi insulin berperan sangat penting dalam menjaga kadar gula darah normal pada pasien dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada pasien diabetes tipe 1, di mana terjadi kegagalan produksi insulin oleh pankreas, maka insulin perlu diberikan setiap hari dan seumur hidup. Sementara, pada pasien tipe 2, apabila sudah mencapai tahap yang tidak mampu ditangani oleh obat tablet atau telah ada tanda bahaya dari diabetes, maka terapi insulin ini juga haru diberikan setiap hari dan seumur hidup. Besarnya manfaat dari insulin, tentu sangat membantu tubuh dalam mengatasi penyakitnya, hanya saja, salah satu hal yang menjadi beban dalam terapi ini adalah pemberiannya yang invasif.

Insulin diberikan secara suntikan, biasanya menggunakan pulpen insulin atau infus. Cara menyuntikkannya juga cukup mudah yaitu di bawah kulit atau bagian lemak dan bisa dilakukan oleh pasien sendiri. Meskipun, proses pemberiannya sangat cepat, praktis, dan menggunakan jarum yang kecil, namun bagaimanapun juga, terapi ini dapat memberikan rasa tidak nyaman, utamanya pada anak-anak.

Contoh pulpen insulin yang umum digunakan oleh pasien diabetes. Jumlah insulin yang akan dimasukkan (berdasarkan anjuran dokter) dapat diatur secara mandiri oleh pasien

Termotivasi dari hal tersebut, Traverso, dkk, ketua tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology – Amerika Serikat, menciptakan sebuah kapsul yang dapat membawa insulin. Hasil penelitian ini sangat berpotensi untuk mengganti injeksi insulin dengan obat insulin oral.

Dengan ukuran kapsul pada umumnya, kapsul insulin ini mengandung sebuah jarum kecil yang terbuat dari insulin yang dimampatkan. Di dalam kapsul ini, jarum insulin menempel dengan pegas yang bergabung pada piringan gula. Sehingga, ketika kapsul mulai ditelan, air yang ada di dalam lambung akan melarutkan piringan gula, dan kemudian melepaskan pegas dan jarum menuju dinding lambung.

Menariknya, pegas dan jarum ini sudah didesain agar mampu mengorientasi diri mereka sendiri menuju lokasi jaringan yang tepat untuk mendaratkan insulin. Oleh karena itu, segera setelah kapsul masuk ke area lambung, jarum insulin akan langsung menuju tepi lambung.

Beberapa hal yang perlu digarisbawahi pada terapi insulin oral ini adalah: 1) dinding perut kita tidak memiliki reseptor nyeri, sehingga pasien tidak akan merasakan nyeri pada saat jarum di dalam kapsul mulai menyuntikkan dirinya, 2) pada saat injeksi, hanya ujung jarum yang terbuat dari insulin beku saja yang masuk ke dalam jaringan, sisanya terbuat dari bahan yang dapat dicerna, dan 3) begitu insulin sudah masuk ke dalam jaringan, ia akan larut dalam kecepatan yang dapat dikontrol oleh peneliti pada awal persiapan kapsul.

Berikut adalah ilustrasi dari proses masuknya kapsul insulin. Ketika sudah sampai di dalam lambung, jarum dan pegas hanya memerlukan waktu 1 detik untuk melakukan orientasi, 1 menit untuk proses injeksi, dan 1 jam untuk proses melarutkan insulin.

Hasil uji pada hewan coba babi menunjukkan bahwa kapsul ini berhasil membawa 300 mcg – 5 mg insulin; jumlah yang cukup untuk menurunkan kadar gula darah dan sebanding dengan dosis insulin yang diinjeksikan melalui kulit. 

Penemuan ini merupakan pencerahan besar dalam dunia pengobatan. Metode ini sangat mungkin untuk direplikasikan pada obat-obat lain yang sampai saat ini hanya bisa diberikan melalui injeksi. Walaupun insulin oral ini masih harus menempuh perjalanan panjang uji klinis obat, namun, harapan besar mengiringinya.

Sumber: Abramson, A, Salvador, C, Khang, M, et al. An ingestible self-orienting system for oral delivery of macromoleculesScience, 2019; 363 (6427): 611

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s