Editor dan Kontributor

Diprakarsai oleh para pegiat sains, Gde Bimananda Mahardika Wisna dan rekannya Made Harumi Padmaswari, pada pertengahan 2018. Bima adalah seorang mahasiswa pasca sarjana di University of California San Diego, Amerika Serikat yang mendalami dan meneliti di bidang nanofotonik dan ilmu material. Harumi adalah seorang dokter  lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta yang saat ini bertugas di Bali. Mereka menikmati bagaimana alam semesta beserta isinya bekerja. Mereka ingin sains tidak hanya berputar di laboratorium dan dunia akademis namun harus bisa menjangkau masyarakat umum sehingga dapat memberikan pengetahuan dan hiburan bagi mereka. Saat ini Spektrum Sains dibantu oleh beberapa orang yaitu I Dewa Gede Sathya Deva, seorang Master of Public Health dari Imperial College London yang sukarela menulis artikel ulasan serta Komang Yogananda Mahaputra Wisna, seorang mahasiswa S1 di Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya yang membantu optimasi situs ini.

Bima dan Harumi ingin terciptanya sebuah wahana untuk masyarakat Indonesia yang dapat menyampaikan perkembangan dan penemuan terbaru di bidang sains dan teknologi. Perkembangan sains dan teknologi saat ini sangat susah diikuti oleh masyarakat Indonesia, mengingat belum adanya media yang fokus untuk mengkomunikasikan hal ini ke khalayak luas. Selain itu, media luar negeri yang mengkomunikasikan sains dengan menggunakan bahasa Inggris belum mampu menarik animo masyarakat, oleh karena tidak semua masyarakat Indonesia yang tertarik dengan perkembangan sains bisa mencerna bahasa dan terminologi sains dalam bahasa Inggris.

Bergerak dari keadaan tersebut, Bima dan Harumi membangun media Spektrum Sains yang bersumber dari jurnal-jurnal ilmiah ternama dan kredibel. Kami mengulas penemuan menarik dan penting di bidang sains dan teknologi dengan  bahasa Indonesia yang sederhana agar bisa dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat.

Kami membuka peluang kepada orang-orang yang ingin bergabung untuk menjadi kontributor artikel ulasan penemuan di bidang sains dan teknologi dan membangun Spektrum Sains sehingga bisa menjadi media yang dipercaya sebagai sains komunikator oleh masyarakat Indonesia. Saat ini kami masih bergerak berdasarkan sukarela dan kecintaan kepada sains dan teknologi serta keinginan untuk mengabdikan diri untuk Indonesia dengan cara berbagi menyampaikan perkembangan terbaru di bidang sains dan teknologi. Kami berencana untuk menjadikan media ini sebuah media profesional kedepannya yang dapat memberikan apresiasi untuk kontributor-kontributor kami.

Salam hangat,

Bima dan Harumi